• Apakah Suplemen Dibutuhkan oleh Tubuh?

    Gaya hidup modern sekarang muncul banyak suplemen dengan berbagai fungsi dan kandungannya. Namun, Apakah Suplemen Dibutuhkan oleh Tubuh?

    Suplemen adalah produk kesehatan yang didalamnya tergabung beberapa jenis vitamin, mineral, dan beberapa kandungan yang berfungsi untuk menyehatkan tubuh. Suplemen ada beberapa jenis, yaitu suplemen makanan, suplemen fitness, dan lainnya. Tentu fungsinya sesuai namanya.

    Saya akan membahas Suplemen Makanan dan Suplemen Fitness karena 2 Suplemen ini yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

     

    Suplemen Makanan :

    Komposisi utama adalah Vitamin, Mineral, Zinc, Asam Amino, Kalsium, Magnesium, dan lainnya. 

    Komposisi diatas berfungsi untuk melengkapi kebutuhan tubuh, dan dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan pada pasien tertentu. Namun pada sudut pandang lain, komposisi diatas sudah terdapat pada makanan keseharian kita. Bahkan pada dosis yang berlebihan dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh.

    1. Vitamin Alami terdapat pada sebagian besar buah dan sayur. Terlalu banyak vitamin tertentu dapat menyebabkan efek buruk, Seperti terlalu banyak Vitamin D Kimia dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal dan hati. Terlalu banyak vitamin A dan E Kimia yang juga berfungsi sebagai anti-oksidan dapat menyebabkan Kematian.
    2. Mineral Alami sangat kaya terdapat pada Nasi, Tahu, Pir, Kacang Kedelai, Susu, Bayam, Jeruk, dan lainnya. Sedangkan kelebihan Mineral kimia dapat menyebabkan keracunan, muntah, hingga gagal ginjal.
    3. Asam Amino bekerja bersama Protein dalam membangun tubuh sebagai bahan utama. Asam Amino Alami terdapat pada Kacang-kacangan (dan produk olahannya), Daging merah (Kambing, Sapi), Daging Putih (ikan, ayam dan lainnya), dan Biji-bijian. Kelebihan Asam Amino dapat menyebabkan Obesitas dan Gangguan Organ.

    Dan berbagai jenis kandungan lainnya.

     

    Sedangkan Suplemen Fitness mengandung Protein, Kreatin, Glutamin, BCAA, Kafein, dan masih banyak lagi.

    Mari kita bahas sedikit mengenai kandungannya.

    1. Protein dibutuhkan untuk meningkatkan massa Otot. Namun ini dapat ditemui disebagian besar produk alami, seperti ikan, ayam, sapi, kambing, telur, dan lainnya.
    2. Kreatin merupakan gabungan dari beberapa jenis asam amino, yang berfungsi untuk mempercepat peningkatan massa Otot dan meningkatkan stamina. Sebenarnya Kreatin juga diproduksi oleh Ginjal, Pankreas, dan Liver. Pada daging Sapi dan Ikan pun mengandung Kreatin.
    3. Glutamin berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pemulihan Otot dan meningkatkan stamina, juga mengurangi rasa lelah yang berlebih. Namun Glutamin sebenarnya adalah salah satu jenis Asam Amino yang sudah terdapat dalam tubuh. Dan bisa didapatkan dari Gandum, Kacang, Daging Merah, Susu, dan lainnya.
    4. Kafein, tentu tidak asing lagi di telinga Anda semua. Sangat kaya terdapat pada kopi dan teh. Kafein biasa dimanfaatkan menjadi doping agar selalu segar, namun pada binaragawan, Kafein berfungsi untuk Meningkatkan proses Pembakaran Lemak, Meningkatkan performa tubuh, dan mengurangi kelelahan.

    Dan masih banyak lagi kandungan dalam Suplemen Fitness ini. 

     

    Hal diatas adalah beberapa kandungan utama dalam suplemen makanan dan suplemen fitness, yang beberapa suplemen mengandung lebih kompleks dan lebih banyak lagi atau berbeda komposisi, tergantung dari kebutuhan konsumen dan jenis produk.

     

    Kesimpulan, Segala kandungan yang terdapat pada suplemen dapat ditemukan dalam produk alami yang biasa Anda makan. Tapi Suplemen dapat sangat membantu sebagai asupan pengganti jika Anda terlalu lelah atau terlalu sibuk untuk mengkonsumsi makanan sehat.Kandungan Alami yang terdapat pada produk keseharian seperti sayuran dan buah, jika berlebihan dapat dikeluarkan oleh tubuh.

    Namun tidak pada kasus kandungan pada Suplemen. Sedangkan jika tubuh kelebihan beberapa jenis tertentu, dapat menyebabkan efek yang sangat buruk. Misalnya jika tubuh Kelebihan atau menumpuk Vitamin A, D, dan K, akan berbalik menjadi racun bagi tubuh.

     

     

    Saya tidak menentang Suplemen, asal digunakan pada batas waktu dan dosis yang sesuai. Tapi, Akan lebih Baik jika Anda dapat mengkonsumsi zat-zat tersebut dalam Bentuk Alami, yang terdapat pada Pola Makan Sehat. Asalkan Anda mengkonsumsi banyak Sayuran dan buah-buahan, serta Daging pada batas tertentu, serta bervariasi, Tubuh Anda akan mendapatkan Efek yang sama, bahkan lebih baik daripada mengkonsumsi Suplemen.

    Tapi pada beberapa kasus seperti Binaragawan yang ingin memperoleh hasil yang Cepat dan “Berlebihan” dalam membentuk masa Otot, Suplemen Fitness dapat menjadi pilihan.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Dan pada kasus Pasien yang sakit dan menderita penyakit tertentu karena kekurangan Vitamin atau kandungan tertentu dan membutuhkan pertolongan cepat, Suplemen juga dapat menjadi Anjuran.

     

    Semoga Bermanfaat.

     

     

    By : 

    Klinik Sinshe Phan, Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.
    Alamat : Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    Contact : 
    Jakarta = 021-4606572, 021-4606573, 021-4606576. 
    Bandung = 022-7537677. 022-7537677

    Pin BB(Khusus konsultasi) : 2B1D8333
    Whatsapp (Only) = 081312755519

    HUBUNGI KAMI SEGERA !