• Waspada Estrogen Berlebih ! Dan cara Mengatasinya

    Estrogen adalah salah satu hormon yang berperan penting dalam tubuh, terutama pada tubuh wanita.
    Pada wanita, estrogen dapat memelihara kesehatan sistem reproduksi dan hal-hal seputar wanita, seperti pertumbuhan payudara.

    Estrogen diproduksi oleh sel telur, kelenjar adrenal, dan jaringan lemak. Tubuh wanita dan pria memproduksi hormon ini, namun produksinya jauh lebih banyak pada wanita. Meskipun hormon estrogen berperan penting, hormon estrogen yang berlebihan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

     

    Apa saja akibat hormon estrogen berlebih dan cara mengatasinya?  simak penjelasannya berikut ini.

    Peran hormon estrogen

    • Perkembangan sistem reproduksi

    Estrogen berperan penting dalam perkembangan sistem reproduksi, seperti vagina dan rahim. Estrogen membantu memelihara ketebalan dinding vagina dan mendorong produksi pelumas di vagina. Sedangkan pada rahim, estrogen membantu memelihara membran pelapis rahim, serta mengatur sekresi lendir di organ ini.

    • Siklus menstruasi

    Estrogen adalah hormon yang membantu mendorong sel telur agar matang dan bisa dilepaskan untuk proses pembuahan. Selain itu, hormon ini juga berperan dalam proses penebalan dan peluruhan lapisan dinding rahim dalam siklus menstruasi.

    • Membantu perkembangan tulang

    Tidak hanya seputar sistem reproduksi, estrogen juga penting untuk tulang. Hormon ini membantu proses regenerasi tulang, membantu mencegah pengeroposan tulang. Pengeroposan tulang bisa memicu osteoporosis.

    • Menjaga kesehatan jantung

    Estrogen membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah inflamasi dan menjaga kadar kolesterol. Kondisi ini berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung.

    • Mengontrol suasana hati

    Estrogen berkaitan dengan salah satu senyawa kimia di otak, yaitu serotonin. Serotonin adalah senyawa penyeimbang suasana hati

     

    Akibat kelebihan hormon estrogen

    Kelebihan hormon estrogen pada wanita bisa berdampak pada kesehatn fisik maupun mental, diantaranya:

    1. Pembengkakan pada Payudara

    Hormon estrogen berlebih pada wanita bisa menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada area payudara. Banyak wanita merasakan perubahan pada payudaranya selama siklus menstruasi dan kehamilan karena payudara sangat sensitif terhadap hormon.

    1. Perubahan Suasana Hati

    Hormon estrogen berlebih juga akan mempengaruhi suasana hati seseorang. Estrogen memengaruhi kondisi mental dan emosi. Anda mungkin akan merasa cemas dan emosi tanpa alasan yang jelas.

    1. Benjolan Fibrokistik di Payudara

    Selain memengaruhi kondisi mental dan emosi, kelebihan hormon estrogen juga akan mempengaruh fisik seseorang terutama di bagian payudara. Munculnya benjolan fibrokistik pada payudara ditandai dengan rasa nyeri pada payudara dan benjolan di payudara.

    1. Haid Tidak Teratur

    Hormon estrogen berlebih pada wanita akan dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Periode menstruasi diatur oleh kadar hormon dalam tubuh, dan jika ada ketidakseimbangan bisa mempengaruhi periode menstruasi.

    1. Rambut Rontok

    Rambut rontok menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang memiliki hormon estrogen berlebih. Ketika Anda memproduksi terlalu banyak hormon estrogen, tubuh merontokkan rambut lebih banyak dari biasanya.

    1. Meningkatkan risiko kanker

    Tingkat hormon estrogen yang tinggi berisiko menyebabkan kanker payudara dan kanker ovarium.
    Menurut American Cancer Society (ACS), hormon estrogen berlebih  juga meningkatkan risiko kanker endometrium.

    Cara menyeimbangkan hormon estrogen

    1. Kurangi Konsumsi Alkohol

    Karena estrogen dimetabolisme oleh hati. Kerusakan hati, seperti gagal hati akibat konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kadar estrogen meningkat.

    1. Makan Makanan Organik

    Pestisida dan bahan kimia lain yang digunakan dalam produksi pangan memiliki efek seperti estrogen ketika diserap oleh tubuh. Untuk itu, hindari paparan efek ini dengan makan produk makanan organik.

    1. Kurangi produk sapi dan kedelai

    Produk sapi (seperti daging dan susu maupun turunan susu) dan produk kedelai (seperti tahu tempe kecap dll)  mengandung kadar estrogen tinggi. Kadar estrogen yang tinggi ini berisiko memicu pertumbuhan sel abnormal pada payudara dan rahim, seperti kista, miom, tumor hingga kanker pada payudara dan rahim.

    1. Perbanyak konsumsi serat

    Diet kaya serat dapat membantu menurunkan kadar estrogen. Untuk membantu menurunkan estrogen dalam tubuh, makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.

    1. Olahraga

    Olahraga tidak hanya akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga mengurangi kadar estrogen tinggi.

    1. Konsumsi makanan yang mengandung sulfur

    Makanan yang mengandung sulfur dapat membantu detoksifikasi hati, karena dapat membuang racun seperti pestisida dan obat-obatan yang merusak hati, sehingga meningkatkan efisiensi organ dalam menyaring zat berbahaya dari darah.

    1. Hindari Beberapa Makanan

    Kafein, makanan berlemak tinggi, dan makanan manis dapat meningkatkan kadar estrogen. Untuk itu, hindari konsumsi makanan ini secara berlebihan.

            

    Hormon estrogen adalah hormon penting bagi wanita. Sebenarnya hormon ini juga ada di dalam tubuh pria, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Penting untuk menjaga kadar hormon estrogen tetap seimbang.

    Kelebihan hormon estrogen bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental, seperti pembengkakan payudara, meningkatkan risiko penyakit kanker, perubahan suasana hati dan haid tidak teratur. Untuk itu, jaga kadar hormon estrogen tetap seimbang dengan melakukan pola hidup sehat.

     

    By. Asri Ratnasari
    Klinik Sinshe Phan

    Klinik Sinshe Phan,
    Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    Alamat :
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.

    Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi = 0811-2289-896
    Whatsapp (Only) = 0813-1275-5519

     

    Mengapa Harus Klinik Sinshe Phan?

    Klinik Sinshe Phan menggabungkan RATUSAN Jenis Tanaman Herbal yang 80% nya merupakan Tanaman Herbal yang di Import.

    • 100% Metode Herbal, tanpa bahan kimia, tanpa efek samping, dan tanpa Operasi.
    • Mengapa harus Ratusan Jenis? 
      Karena Penyakit Dalam seperti Kanker, Liver, Stroke, dll merupakan akumulasi dari Kebiasaan Buruk yang dilakukan bertahun-tahun. Kemungkinannya sangat kecil jika hanya mengandalkan 1 – 3 tanaman herbal.
      Dengan menggabungkan Ratusan Jenis Tanaman Herbal dengan takaran yang TEPAT, menghasilkan Efek yang jauh lebih kuat untuk menumpas Penyakit yang diderita.
    • Kenapa harus Import?
      Tanaman Herbal di Negara 4 Musim lebih bervariasi yang lebih banyak dan memiliki Khasiat yang jauh lebih kuat dibanding tanaman di negara 2 musim.