• Kalium Berlebih dapat Menyebabkan Jantung Berhenti !

    Kalium merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh Anda. Kalium akan memeberikan segudang manfaat bagi tubuh, apabila dikonsumsi secara seimbang. Tapi apabila kadar kalium dalam darah melebihi batas normal, maka akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda dan bisa menyebabkan penyakit hiperkalemia. Apa itu hiperkalemia? Yuk kita simak penjelasannya!

     

     Fungsi Kalium

    Kalium adalah salah satu elektrolit yang berfungsi menghantarkan informasi di syaraf. Agar otot-otot tubuh kita bisa berkontraksi dengan tepat, menggerakan otot jantung, memelihara kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

    Kalium sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

    Sebenarnya, tubuh kita bisa mengeluarkan kelebihan Kalium pada tubuh, dengan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Tapi kalium yang berlebihan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat, dan lama kelamaan ginjal akan kesulitan menyaring kalium dalam darah dan menyebabkan tubuh kelebihan kalium, yang dinamakan Hiperkalemia.

     

    Apa itu Hiperkalemia?

    Hiperkalemia-merupakan suatu keadaan dimana jumlah kalium yang terdapat didalam darah sangat tinggi.
    Kalium memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam memperlancar fungsi otot, saraf, dan jantung.

    Namun terlalu banyak kadar kalium dalam tubuh, dapat menyebabkan terganggunya aktivitas listrik didalam jantung yang ditandai dengan melambatnya detak jantung. Bahkan pada kasus hiperkalemia berat, jantung dapat berhenti berdetak dan menyebabkan kematian.

     

     

    Sumber kalium terbesar adalah :

    1. Pisang,
    2. Kentang,
    3. Kacang,
    4. Kurma, 
    5. Yogurt, 
    6. Ikan tuna, dll

     

    Jenis hiperkalemia

    Umumnya jumlah kalium yang ideal dalam tubuh adalah 3,5 sampai  5,0 mEq/L. Jika jumlah kalium dalam tubuh lebih dari 5,0 mEq/L, maka Anda mengalami hiperkalemia. Hiperkalemia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

    • Hiperkalemia ringan jika jumlah kalium dalam darah 5,1 – 6,0 mEq/L
    • Hiperkalemia sedang jika jumlah kalium dalam darah 6,1 – 7,0 mEq/L
    • Hiperkalemia berat jika jumlah kalium dalam darah diatas 7,0 mEq/L

     

    Penyebab Hiperkalemia

    Peningkatan jumlah kalium dalam darah disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gangguan kesehatan hingga efek samping penggunaan obat-obatan. Berikut beberapa penyebab hiperkalemia yang dapat Anda ketahui, diantaranya :

    • Gagal ginjal
    • Diabetes
    • Kerusakan jaringan
    • Penyakit Addison (Gangguan kelenjar adrenal)
    • Efek samping obat tertentu

     

    Gejala Hiperkalemia

    Pada kondisi hiperkalemia ringan biasanya tubuh tidak menampakkan gejala apapun. Tetapi semakin tinggi kadar kalium, maka akan timbul gejala seperti ini :

    • Lelah dan lemas
    • Mual dan muntah
    • Gangguan bernafas
    • Kesemutan
    • Nyeri dada
    • Jantung berdebar
    • Kelumpuhan

     

    Beberapa bahaya yang dapat terjadi jika kelebihan kalium (Hiperkalemia)

    Kalium adalah zat yang sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan. Namun tingginya kadar kalium juga dapat memberikan efek  buruk bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya :

    1. Jantung berhenti berdetak

    Konsentrasi kalium darah yang tinggi  akan sangat mempengaruhi kondisi sistem konduksi listrik jantung, apabila keadaan ini terus berlanjut maka irama jantung akan menjadi tidak normal dan jantung menjadi berhenti berdenyut

    2. Kelumpuhan otot

    Tingkat kalium dalam darah yang mendadak menjadi meningkat dapat menyebabkan keram, kontraksi berlebihan, sampai kelumpuhan otot. 

    3. Dehidrasi

    Kadar kalium yang tinggi dapat menyebabkan gangguan perut, mual dan muntah yang dapat mengakibatkan dehidrasi.

    4. Diare 

    Usus besar bergerak secara otomatis untuk memproses makanan, yang merupakan salah satu fungsi dari Kalium juga. Kelebihan Kalium membuat pergerakak usus menjadi tidak stabil, sehingga proses pencernaan makanan menjadi kacau dan menyebabkan Diare.

     

    Lalu, bagaimana cara mencegah hiperkalemia?

    Tidak semua hiperkalemia dapat dicegah. Penyebab tersering hiperkalemia adalah gagal ginjal. Menjaga kadar gula darah dan tekanan darah dalam keadaan normal akan mencegah gagal ginjal, dan secara tidak langsung mencegah hiperkalemia.

    Beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari hiperkalemia antaralain :

    • Mengontrol jumlah kalium dalam asupan makanan. Contoh makanan atau minuman yang banyak mengandung kalium adalah pisang, kentang, bayam, kacang-kacangan, buah persik, daging sapi dan susu.
    • Melakukan pemeriksaan kalium secara berkala pada penderita diabetes, gagal ginjal atau pada orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meningkatkan kadar kalium.
    • Olahraga teratur dan Minum air Putih yang cukup. Kalium dapat dikeluarkan melalui air seni dan keringat. Dengan memperbanyak asupan air yang masuk dan mengeluarkan keringan, tubuh dapat menstabilkan diri dari kelebihan kalium.

     

    Nah! Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk membatasi asupan kalium dalam tubuh serta menambahkan asupan nutrisi lainnya, agar Anda terhindar dari penyakit Hiperkalemia. Selain itu, menjaga kesehatan ginjal juga sangat perlu, karena penyakit ginjal merupakan penyebab tersering hiperkalemia.

     

     

    By. Asri Ratnasari – Klinik Sinshe Phan

     

     

    Klinik Sinshe Phan,
    Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    Alamat :
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.

    Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi = 0811-2289-896
    Whatsapp (Only) = 0813-1275-5519

    =====================================================================

    Mengapa Harus Klinik Sinshe Phan?

    Klinik Sinshe Phan menggabungkan RATUSAN Jenis Tanaman Herbal yang 80% nya merupakan Tanaman Herbal yang di Import.

    • 100% Metode Herbal, tanpa bahan kimia, tanpa efek samping, dan tanpa Operasi.
    • Mengapa harus Ratusan Jenis? 
      Karena Penyakit Dalam seperti Kanker, Liver, Stroke, dll merupakan akumulasi dari Kebiasaan Buruk yang dilakukan bertahun-tahun. Kemungkinannya sangat kecil jika hanya mengandalkan 1 – 3 tanaman herbal.
      Dengan menggabungkan Ratusan Jenis Tanaman Herbal dengan takaran yang TEPAT, menghasilkan Efek yang jauh lebih kuat untuk menumpas Penyakit yang diderita.
    • Kenapa harus Import?
      Tanaman Herbal di Negara 4 Musim lebih bervariasi yang lebih banyak dan memiliki Khasiat yang jauh lebih kuat dibanding tanaman di negara 2 musim.