• Susah Buang Air Besar? Atasi dan Kenali Penyebabnya.

    Klinik Sinshe Phan

    Klinik Sinshe Phan

    Susah Buang Air Besar – Atau sering juga disebut Sembelit Banyak sekali dianggap remeh oleh kita semua. Namun Taukah Anda pentingnya buang air besar? Dan apa dampaknya jika sering sulit buang air besar / SembelitBuang air besar merupakan cara tubuh untuk membuang zat – zat  sisa yang tidak dibutuhkan lagi atau racun dalam tubuh. Namun tidak semua orang buang air besar setiap harinya.

    Saat Anda tidak lancar buang air besar (BAB) artinya ada yang salah pada pencernaan Anda. Banyak alasan yang mendasari kenapa Susah buang air besar, salah satunya adalah kurangnya mengonsumsi cairan. Ketika kurang minum air bagian pencernaan akan sulit mencerna makanan, akibatnya buang air besar menjadi keras dan sakit. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan karena kotoran atau sisa dari hasil proses metabolisme tubuh tidak dibuang secara teratur. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran pada organ pencernaan seperti usus. Kotoran sisa hasil metabolisme tubuh ini harus segera dibuang agar organ pencernaan bisa memproses metabolisme selanjutnya.

     

    Berapa kali buang air besar seharusnya?

    Banyak orang berpendapat bahwa setiap orang berbeda-beda, ada yang sehari sekali, dua hari sekali, bahkan seminggu sekali. Dan apakah benar buang air besar sehari sekali adalah normal dan merupakan tanda pencernaan yang sehat? Penjelasannya adalah sebagai berikut :

    Makanan yang di proses diubah sebagian menjadi energi dan nutrisi yang diserap dalam tubuh, dan sisanya akan dibuang dalam bentuk kotoran.
    – Proses pencernaan Buah rata-rata 15-45menit.

    – Proses Pencernaan Sayur, rata-rata 2 jam.

    – Proses Pencernaan Karbohidrat (tanpa lauk), rata-rata 3 jam.

    – Proses Pencernaan Daging dan produk turunannya, rata-rata 3-4jam.

    – Proses Pencernaan Karbohidrat + Daging rata-rata 8 jam.

    Dalam sehari tentu kita mengkonsumsi berbagai macam makanan. Anggap makan paling malam selesai jam 9 malam, + 8 jam untuk proses pencernaan, jam 5 pagi sudah harus dikeluarkan. Itu sebabnya kenapa proses buang air besar sangat bagus dan dianjurkan pada pagi hari.

    Sekarang, bayangkan jika Anda sudah 2 atau 3 hari tidak buang air besar? Berapa banyak “Sampah” yang terdapat dalam perut? Dan apa yang terjadi jika terus dibiarkan didalam?

    Ya ! “Sampah” didalam perut akan membusuk. Dan hasilnya, kotoran pembusukan tersebut menempel di dinding usus, yang lama kelamaan usus pun akan membusuk. Hal tersebut menyebabkan berbagai macam penyakit seperti Kanker Usus.

    Klinik Sinshe Phan

     

    Lalu apakah Anda termasuk orang yang susah buang air besar?

    Anda perlu ketahui Penyebab Susah buang air besar apa yang umumnya menjadi penyebab susah buang air besar.

    Berikut ini beberapa penyebabnya :

    • Kurang cairan (minuman)
    • Kurangnya asupan makanan yang mengandung serat, seperti buah – buahan dan sayur – sayuran.
    • Terlalu banyak mengonsumsi produk susu.
    • Perubahan pola makan menjadi lebih jarang, seperti sedang di perjalananan.
    • Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga.
    • Depresi atau stress (terlalu banyak pikiran)
    • Penggunaan obat pencahar (pelunak feses) yang berlebihan dalam kurun waktu tertentu, karena hal in dapat melemahkan otot – otot usus.
    • Penggunaan obat maag (antasida) yang mengandung kalsium atau alumunium.
    • Penggunaan obat – obatan penyeri reda yang kuat, seperti narkotika, antidepresan atau pil besi.
    • Gangguan saraf seperti parkinson (flek pada otak)
    • irritable bowel syndrome (gangguan pada sistem pencernaan)
    • Kanker usus besar, masa tumor atau kanker dapat menghambat feses dalam usus besar.
    • Pada wanita hamil terjadi pelambatan gerakan usus sehingga berpotensi menyebabkan susah buang air besar.

     

    Cara Alami menyembuhkan Susah Buang Air Besar

    • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih 2 liter atau 8 gelas secara teratur setiap hari. Selain untuk mencegah dehidrasi hal ini juga penting untuk membantu proses metabolisme tubuh.
    • Penuhi kebutuhan serat setidaknya 18 – 30 gram per hari. Anda bisa mendapatnya dari buah seperti pepaya, apel, buah pir, strawberry dan dari sayur seperti brokoli, bayam dsb. Buah –buahan tersebut juga dapat diberikan kepada anak- anak jika susah buang air besar.
    • Jangan biasakan untuk menunda buang air besar ketika merasa butuh, segeralah untuk melakukannya
    • Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging ringan.
    • Jika toilet duduk usahakan untuk memposisikan kaki pada tempat yang lebih tinggi agar lutut berada di posisi lebih tinggi sedikit dari pinggang. Tujuannya untuk membantu feses untuk lebih mudah di keluarkan.

          Itulah beberapa cara yang dapat membantu untuk melancarkan buang air besar Anda. Jika susah buang air besar terjadi dalam jangka waktu yang lama Anda bisa segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut. Sayangilah diri kita sendiri dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

     

    Semoga bermanfaaat.

     

    Jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit Kanker Usus atau penyakit lainnya, periksakan diri Anda ke tangan yang tepat !

     

     

    Klinik Sinshe Phan,

    Spesialis Tumor, Kanker, Ginjal, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    – Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
      021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.
    – Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
      022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi : 081312755519 (Jam Kerja)
    Whatsapp (Only) = 081312755519

    HUBUNGI KAMI SEGERA !