• Kolesterol? Teman atau Musuh?

    Mendengar kolestrol yang pertama kali terlintas dipikiran kita adalah santapan lezat bersantan dan juga yang mengandung banyak minyak atau berlemak.

     

    Kolesterol sering di kenal sebagai sesuatu yang negatif yang harus di hindari, padahal kolesterol dibutuhkan oleh tubuh lho.

    Beberapa dari Anda mungkin mengira jika kolesterol dan lemak itu sama. Faktanya lemak dan kolesterol adalah subtansi yang berbeda, satu makanan bisa tinggi lemak tapi bebas kolesterol seperti minyak zaitun, makanan lain bisa rendah lemak tapi tinggi kolesterol. Pada dasarnya kolesterol bukanlah lemak. Keduanya kerap kali dianggap musuh bagi tubuh. Senanda dengan lemak kolesterol tidak selalu bahaya bagi tubuh.

     

    Penting untuk Anda ketahui apa itu kolesterol agar Anda tidak sepenuhnya menghindari kolesterol.

     

    Pengertian

    Kolesterol – adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang dibutuhkandalam pembentukan dinding sel, membantu tubuh memproduksi vitamin D dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Takaran kolesterol normal pada tubuh yaitu 160 – 200 mg.

    Pada orang dewasa yang berusia diatas 20 tahun wajib melakukan pengecekan kadar kolesterol setidaknya 4 – 6 tahun sekali.

     

    Jenis kolesterol :

    Jenis kolesterol yang berada didalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tetapi, sejauh pemasukan ini seimbang dengan kebutuhan, tubuh kita akan tetap sehat.

    1. Kolesterol jahat ( LDL )

    Kolesterol LDL mengangkut kolesterol ke seluruh tubuh yang membutuhkan ke dalam darah melalui arteri. Tetapi ketika LDL terlalu banyak, maka akan menimbun kolesterol pada arteri sehingga menimbulkan plak – plak yang akan menyumbat aliran pembuluh darah. Kolesterol LDL dianggap tinggi jika kadarnya diatas 160 mg/dl. Semakin tinggi kadar kolesterol LDL semakin tinggi pula resiko penyakit serangan jantung. Anda mengalami kolesterol tinggi jika Anda merasakan tanda – tanda berikut :

    • Sering merasa kaku pada leher bagian belakang
    • Pegal pada pundak
    • Kesemutan
    • Mudah mengantuk
    • Rasa kurang nyaman dan berat di tengkuk
    • Nyeri di dada, kaki dan tangan
    • Sulit bernafas
    • Sakit kepala
    • Emosi tidak stabil
    1. Kolesterol baik ( HDL )

    Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL disebut kolesterol baik karena dapat membuang kolesetrol jahat yang berlebih pada pembuluh darah. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses aterosklerosis ( terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah )

    Namun, jumlah HDL normal yang harus ada di aliran darah adalah 60 mg/dl atau lebih jika kurang dari itu akan menjadi masalah yakni Anda mengidap kolesterol rendah.

    1. Tirgliserida

    Trigliserida atau lemak darah merupakan bagian utama dari lemak yang terdapat dari tubuh manusia ataupun hewan. Trigliserida terbentuk dari kalori yang tidak terpakai dan disimpan pada sel lemak. Trigliserida sendiri memiliki peranan penting untuk menyimpan lemak yang akan digunakan sebagai energi.

    Kadar trigliserida normal kurang dari 149 mg/dl. Waspadai jika kadar trigliserida Anda mencapai 200 mg/ dl karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Trigliserida terjadi akibat dari makanan atau minuman yang tidak sehat seperti junk food, alkohol, dll.

     

    Dari mana datangnya kolesterol ?

    Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa dua sumber utama kolesterol yaitu 80 % dihasilkan hati dan 20 % lainnya diperoleh dari luar tubuh ( zat makanan ). Sebernarnya kolesterol sudah diproduksi oleh tubuh, sehingga kita tidak perlu makan makanan yang mengandung kolesterol.

     

     Makanan penyebab kolesterol

    Untuk mendapatkan kadar kolesterol normal, yang Anda lakukan adalah mengurangi asupan makanan yang memicu naiknya kadar kolesterol tinggi.

    Berikut makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari :

    1)   Minyak goreng hasil hidrogenisasi

    2)   Makanan kemasan atau hasil proses

    3)   Makanan manis

    4)   Daging olahan dan berlemak

    5)   Alkohol

    6)   Produk susu

    7)   Makanan bersantan

    8)   Makanan tinggi indeks glikemik

    9)   Fast food

    10) Seafood

     

    Makanan penyebab kolestrol yang boleh dikonsumsi
    (Dalam jumlah terbatas)

    1)   Telur

    2)   Daging – dagingan

    3)   Cokelat hitam

     

    Tidak masalah jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, tetapi akan menjadi masalah jika dikombinasikan dengan lemak jenuh. Ketika tubuh mendapat kolesterol tambahan dari makanan, maka kolesterol akan mengendap di arteri yang membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, dan dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

     

     

    Apa yang mempengaruhi naiknya kadar kolesterol ?

    Hal – hal yang dapat mempengaruhi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu :

    • Mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh
    • Kelebihan berat badan
    • Jarang olahraga. Hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol HDL ( baik )
    • Kolesterol mulai meingkat setelah usia 20tahun
    • Faktor keturunan
    • Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah, mengakibatkan lemak menumpuk.
    • Diabetes

    Jika Anda merasakan hal – hal diatas, sangat dianjurkan untuk Anda melakukan tes darah lebih sering untuk mengetahui kadar kolesterol.

     

    Mencegah dan Mengobati Kolesterol

    Cara utama untuk mengurangi resiko tinggi kolesterol adalah melalui diet, olahraga, dan pengobatan. Perlu diketahui bahwarata – rata pria tidak boleh konsumsi lemak jenuh lebih dari 30 gram perhari, sedangkan untuk wanita tidak boleh lebih dari 20 gram perhari.

    Penting untuk mengetahui angka – angka kolesterol Anda. Untuk mengurangi resiko penyakit, lakukan pengecekan dan ikuti perintah dokter. Lebih baik menurunkan kolesterol secara alami, tanpa obat – obatan.

     

    ===========================================================================

     

     

    Klinik Sinshe Phan,
    Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    Alamat :
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.

    Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi = 0811-2289-896
    Whatsapp (Only) = 0813-1275-5519

     

    =====================================================================
     

    Mengapa Harus Klinik Sinshe Phan?

    Klinik Sinshe Phan menggabungkan RATUSAN Jenis Tanaman Herbal yang 80% nya merupakan Tanaman Herbal yang di Import.

    • 100% Metode Herbal, tanpa bahan kimia, tanpa efek samping, dan tanpa Operasi.
    • Mengapa harus Ratusan Jenis? 
      Karena Penyakit Dalam seperti Kanker, Liver, Stroke, dll merupakan akumulasi dari Kebiasaan Buruk yang dilakukan bertahun-tahun. Kemungkinannya sangat kecil jika hanya mengandalkan 1 – 3 tanaman herbal.
      Dengan menggabungkan Ratusan Jenis Tanaman Herbal dengan takaran yang TEPAT, menghasilkan Efek yang jauh lebih kuat untuk menumpas Penyakit yang diderita.
    • Kenapa harus Import?
      Tanaman Herbal di Negara 4 Musim lebih bervariasi yang lebih banyak dan memiliki Khasiat yang jauh lebih kuat dibanding tanaman di negara 2 musim.