• Insulin, Pengendali Gula Darah

     

    Jika Anda penderita diabetes pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata insulin bukan ? 

    Karena biasanya, penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 membutuhkan suntik insulin untuk menjaga kadar gula darah.

    Sebenarnya insulin itu apa ?

    Insulin merupakan hormon yang dihasilkan pankreas untuk membantu mengendalikan gula darah. Hormon ini berkaitan erat dengan masalah kesehatan yang menyebabkan kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) dan kadar gula darah rendah (hipoglikemia), termasuk penyakit diabetes melitus.

     

    Hubungan gula darah dengan Insulin

    Insulin membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Caranya dengan memberi sinyal pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengambil glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen (gula otot) di sel otot, trigliserida di sel lemak, dan di sel hati. 

    Selama pankreas memproduksi cukup insulin dan tubuh menggunakannya dengan benar, maka kadar gula darah akan normal. Karena, kadar glukosa yang terlalu banyak atau terlalu sedikit tidak baik bagi kesehatan.

     

    Apa yang terjadi jika insulin terganggu ?

    Jika produksi atau kerja insulin terganggu, beberapa penyakit atau kondisi ini bisa menyerang Anda:

    • Resistensi insulin 

    Kondisi ini terjadi ketika sel otot, lemak, dan hati tidak dapat menggunakan insulin dengan baik. Dampaknya, pankreas akan bekerja ekstra untuk menghasilkan lebih banyak insulin agar glukosa dapat digunakan sebagai energi. 

    • Diabetes melitus 

    Diabetes melitus terjadi ketika kadar gula dalam darah menjadi terlalu tinggi akibat ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan glukosa menjadi energi. Glukosa tidak bisa diubah karena jumlah insulin dalam tubuh tidak cukup, atau sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin

    • Sindrom metabolik

    Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lain, seperti stroke dan diabetes. Sebaliknya, keadaan di mana insulin tidak bekerja secara efektif untuk menurunkan kadar gula darah, atau disebut resistensi insulin, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sindrom metabolik.

     

    Apa saja makanan yang bisa mengontrol gula darah ?

    Disadari atau tidak, banyak makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk mengontrol gula darah: 

    • Labu pahit atau pare 

    Pare sangat bermanfaat dalam menurunkan gula darah. Tetapi jangan menggabungkan makanan ini dengan obat penurun gula darah, karena bisa membuat gula darah Anda turun drastis. 

    • Gandum

    Gandum mengandung banyak vitamin esensial, mineral, dan serat, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat kompleks diserap lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, sehingga kadar gula darah tetap stabil. 

    • Apel

    Apel mengandung tinggi pektin, sehingga buah ini dipercaya mengendalikan gula darah.

    • Kacang

    Kacang mengandung serat larut yang tinggi, kacang tidak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan dan jantung, tetapi juga menyimpan gula darah setelah makan. Sehingga, dapat membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah. 

    • Ikan

    Ikan (seperti salmon dan tuna) merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, lemak sehat yang mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan resistensi insulin.

     

    Insulin berperan penting dalam penyerapan glukosa sekaligus menjaga kadar gula darah tetap normal. Tanpa hormon insulin, sel-sel akan kekurangan energi dan harus mencari sumber tenaga alternatif. Akibatnya, bisa membahayakan kesehatan.  Agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan hormon ini, Anda bisa melakukan pencegahan dini dengan cara mengecek gula darah secara rutin dan juga konsumsi makanan yang bisa mengontrol gula darah. 

     

    By. Tia Gardina
    Klinik Sinshe Phan

    Klinik Sinshe Phan,
    Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    Alamat :
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.

    Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi = 0811-2289-896
    Whatsapp (Only) = 0813-1275-5519

    =============================================================

    Mengapa Harus Klinik Sinshe Phan?

    Klinik Sinshe Phan menggabungkan RATUSAN Jenis Tanaman Herbal yang 80% nya merupakan Tanaman Herbal yang di Import.

    • 100% Metode Herbal, tanpa bahan kimia, tanpa efek samping, dan tanpa Operasi.
    • Mengapa harus Ratusan Jenis? 
      Karena Penyakit Dalam seperti Kanker, Liver, Stroke, dll merupakan akumulasi dari Kebiasaan Buruk yang dilakukan bertahun-tahun. Kemungkinannya sangat kecil jika hanya mengandalkan 1 – 3 tanaman herbal.
      Dengan menggabungkan Ratusan Jenis Tanaman Herbal dengan takaran yang TEPAT, menghasilkan Efek yang jauh lebih kuat untuk menumpas Penyakit yang diderita.
    • Kenapa harus Import?
      Tanaman Herbal di Negara 4 Musim lebih bervariasi yang lebih banyak dan memiliki Khasiat yang jauh lebih kuat dibanding tanaman di negara 2 musim.