• Kenali Kondisi Tubuh dari Urine

    Warna Urine dan Baunya Bisa Mengindikasikan Kesehatan Anda Loh.

    Tahukah Anda, warna urinedan baunya bisa menjadi indikator kesehatan atau penyakit dalam tubuh. Mulai Sebagian besar dari kita tidak terlalu memperhatikan urine Anda dengan detail, ya. Beda warna dan aroma, beda pula kondisi kesehatan yang sedang di alami dan hal ini dapat menunjukkan apa yang terjadi di dalam tubuh kita. Yuk !! simak selengkapnya.

    Apa Urine ?

    Urine – merupakan cairan sisa hasil metabolisme yang di ekskresikan oleh ginjal kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

    Berikut adalah beberapa fakta mengenai urine:

    • Warna Urine

    Warna urine yang sehat adalah kuning muda jernih (Lebih ke bening). Warna terang menunjukkan seseorang lebih sehat dibandingkan orang lain yang memiliki urine berwarna gelap. Ketika urine seseorang berubah warna gelap, meunjukkan ginjal tidak sehat, atau sedang mengalami dehidrasi dan dianjurkan untuk mengonsumsi banyak air minum.

    • Frekuensi BAK (Buang Air Kecil)

    Terlalu sering atau terlalu jarang mengeluarkan urine juga menunjukkan suatu masalah kesehatan. Dalam waktu 24 jam, frekuensi normalnya untuk buang air kecil adalah 6-8 kali. Sedangkan banyaknya jumlah urineyang dikeluarkan dalam sehari berkisar antara 400 – 2.000 mL, dengan asupan cairan normal sekitar 2 liter perhari. Meski begitu, setiap orang punya frekuensi buang air kecil dalam sehari.

    • Bau Urine

    Bau urine dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi seseorang. Mengonsumsi makanan dengan aroma menyengat juga akan berpengaruh pada bau urine. Perubahan aroma pada urinebukanlah permasalahan besar, selama tidak diikuti gejala seperti nyeri, panas atau frekuensi pengeluaran urineyang terus menerus.

    Mengenali Warna Urine

    Urine yang normal berwarna kuning terang (lebih ke bening – kuning terang). Tapi urine juga dapat berubah warna, sesuai dengan makanan atau penyakit yang di derita oleh seseorang.

    Berikut ini warna urine yang perlu Anda waspadai sebagai berikut :

    • Jika urine berwarna kuning atau cokelat gelap, bisa menjadi pertanda Anda menderita penyakit hati dan gagal ginjal. Namun, bisa juga disebabkan karena konsumsi antibiotik .
    • Urine warna merah muda (merah), biasanya berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi, seperti buah naga, berry, dan lainnya. Tetapi kalau Anda sedang tidak mengkonsumsi makanan berwarna merah, ada kemungkinan urine berwarna merah Anda bisa juga berarti ada pendarahan didalam, atau masalah ginjal maupun masalah prostat. Sedangkan berwarna merah kebiruan jika sedang menstruasi berat, tapi jika tidak, konsultasikan dengan dokter bila keluar melalui urine
    • Urine berwarna hijau, bisa terjadi karena pewarna makanan atau karena konsumsi obat-obatan tertentu. Saluran atau infeksi kandung kemih juga bisa menyebabkan urine tampak kehijauan. Coba Anda untuk mengkonsumsi air mineral lebih banyak dan melihat apakah warna kehijauan urine Anda makin menghilang. Jika sudah konsumsi air mineral yang banyak namun urine Anda masih berwarna hijau, segera periksa ke Dokter.
    • Urine berbusa, diindikasikan sebagai tubuh kelebihan protein, atau yang lebih parah bisa menjadi gejala Diabetes.

    Kondisi Urine yang Normal

    Urine yang normal berwarna kuning terang (lebih bening), berbau seperti urine biasa atau tidak berbau, tidak ada sel sel darah merah atau putih yang terlihat, dan tidak terdapat bakteri.

    Makanan yang dikonsumsi juga bisa mempengaruhi bau urineyang diproduksi. Bau urine juga sering digunakan sebagai deteksi beberapa penyakit, yaitu sebagai berikut ini :

    •  Bau urine seperti amonia, bisa jadi Anda mengalami dehidrasi
    • Bau urinemembusuk, dapat menjelaskan jika kandung kemih Anda memberitahukan jika terdapat infeksi di dalam tubuh Anda
    • Urine berbau manis, dapat menandakan jika seseorang didiagnosa diabetes. Tentu saja hal ini bisa memperlihatkan tingkat gula darah yang tak berada didalam keadaan yang tidak dalam kontrol.
    • Tambahan, jika terlalu banyak makan daging atau obat kimia maupun bahan pengawet, Urine akan berbau “Pahit”.

    Selain warna dan aroma, bentuk umum dari urinejuga bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Urine berbusa (bergelembung) busa mengindikasikan penyakit ginjal atau gangguan ginjal. Perhatikan juga perubahan volume dan frekuensi urineAnda.

    —————————
    Urine identik dengan masalah Ginjal. Jika Anda merasa mengalami gejala, berikut Pengobatan Ginjal dari Klinik Sinshe Phan
    http://kliniksinshephan.com/?page_id=775
    —————————

    Tips !

    Berikut cara menjaga kesehatan dan memperbaiki kondisi urine :

    1. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran.
    2. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas atau 2 – 3 liter per harinya pada kondisi aktivitas normal. Jika Anda terlalu banyak mengeluarkan keringat atau banyak kegiatan fisik diluar ruangan, perbanyak konsumsi air sampai 4 liter jika perlu.
    3. Rajinlah berolahraga seperti yoga.
    4. Menjaga berat badan normal.

    Perubahan warna urine dapat terjadi karena beberapa hal. Meskipun warna urineyang tidak biasa dapat disebabkan oleh obat atau makanan tertentu, disarankan untuk memperhatikan dengan kondisi urine Anda. Misalnya sudah berapa lama perubahan warna urineterjadi, adakah gejala lain yang menyertai.

    Maka jangan abaikan jika Anda mengalami bau urine dan warna urine yang tidak biasanya terjadi.S

    By. Rima Ramdaniati – Klinik Sinshe Phan

    Klinik Sinshe Phan,
    Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.

    Alamat :
    Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
    021-4606572, 021-4606573, 021-4606576.

    Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
    022-7537677. 022-7537677

    Konsultasi = 0811-2289-896
    Whatsapp (Only) = 0813-1275-5519

    Mengapa Harus Klinik Sinshe Phan?

    Klinik Sinshe Phan menggabungkan RATUSAN Jenis Tanaman Herbal yang 80% nya merupakan Tanaman Herbal yang di Import.

    • 100% Metode Herbal, tanpa bahan kimia, tanpa efek samping, dan tanpa Operasi.
    • Mengapa harus Ratusan Jenis? 
      Karena Penyakit Dalam seperti Kanker, Liver, Stroke, dll merupakan akumulasi dari Kebiasaan Buruk yang dilakukan bertahun-tahun. Kemungkinannya sangat kecil jika hanya mengandalkan 1 – 3 tanaman herbal.
      Dengan menggabungkan Ratusan Jenis Tanaman Herbal dengan takaran yang TEPAT, menghasilkan Efek yang jauh lebih kuat untuk menumpas Penyakit yang diderita.
    • Kenapa harus Import?
      Tanaman Herbal di Negara 4 Musim lebih bervariasi yang lebih banyak dan memiliki Khasiat yang jauh lebih kuat dibanding tanaman di negara 2 musim.